Sunday, November 25, 2012

Mengenal 4 Tipe Kepribadian



Girls, seperti apakah kepribadianmu? Seperti apa pula kepribadian sahabatmu? Yuk, kita telusuri berdasarkan 4 tipe kepribadian yaitu Koleris, Melankolis, Sanguinis, dan Phlegmatis.
Koleris alias Si Kuat
Sifat menonjol dari orang berkepribadian koleris adalah perhatiannya selalu tertuju pada hasil akhir. Apa pun yang dilakukan, yang penting adalah hasilnya. Orang dengan tipe kepribadian ini biasanya memiliki sifat keras kepala dan sulit diatur. Sebaliknya, ia justru suka mengatur dan menyuruh-nyuruh orang untuk melakukan sesuatu yang diinginkan. Oleh karena itu, orang bertipe ini sering mendapat julukan bossy, alias si tukang suruh atau tukang atur.
Namun, orang bertipe ini juga memiliki sifat tangkas, kuat, dan tidak mudah menyerah pada rintangan atau kesulitan. Orang koleris biasanya sangat menyukai tantangan dan petualangan. Jadi, kalau ada cewek yang menyukai olahraga yang umumnya dilakukan laki-laki, seperti panjat tebing, motocross, dan paintball, bisa jadi ia adalah cewek koleris.
Melankolis alias Si Sempurna
Ciri orang berkepribadian melankolis adalah selalu berpikir dulu sebelum bertindak. Ia selalu membuat rencana dan jadwal kegiatannya secara rapi. Ia juga suka mencatat dan tekun dalam urusan hitung-menghitung. 
Karena sifatnya yang suka berpikir itu, orang melankolis cenderung pendiam dan berbicara serperlunya. Ia selalu mempertimbangkan akibat dari apa yang diucapkannya. Nah, karena terlalu lama berpikir, ia pun jadi sering kehilangan kesempatan.
Cewek melankolis pasti mempunyai agenda yang isinya teratur. Baju-baju dalam lemari pakaiannya pun dikelompokkan. Ada baju untuk pergi dan ada baju untuk santai. Bahkan, baju untuk pergi pun terbagi-bagi lagi menurut tujuannya.
Sanguinis alias Si Populer
Orang sanguinis adalah orang yang populer dan sering dikerubungi teman-temannya di mana pun dia berada. Omongannya selalu ditunggu-tungu. Bahkan, apa pun yang diucapkannya, selalu terdengar lucu, segar, dan menyenangkan. Namun, kalau dia sudah berbicara, biasanya akan sulit berhenti dan tidak mau memberi kesempatan kepada orang lain.
Emosi orang sanguinis biasanya mudah berubah. Sejenak dia sangat happy, namun beberapa menit kemudian dia bisa berubah mood menjadi diam. Selain itu, orang sanguinis pun mudah lupa dengan janjinya.
Cewek yang punya banyak teman, kemungkinan bekepribadian sanguinis. Orang sanguinis juga cenderung tidak rapih. Jadi, perhatikan deh, meja belajar atau kamar tidur orang sanguinis pasti berantakan.
Phlegmatis alias Si Cinta Damai
Orang phlegmatis adalah orang yang berpembawaan kalem, namun bukan karena sedang berpikir seperti orang melankolis. Ia kalem karena tidak mau mencari masalah, sehingga cenderung menurut. Kalau ada perbedaan pendapat di antara teman, orang phlegmatis akan bersikap netral, tidak memihak. Pokoknya, ia menghindari keributan. Bahkan, ia bersedia mengalah walaupun sebenarnya dirugikan. Tak heran, bila ia dijuluki Sang Pencinta Damai.
Orang phlegmatis adalah pendengar yang baik. Jadi, kalau kita punya teman curhat yang selalu siap setiap saat untuk mendengarkan masalah kita, dia adalah orang phlegmatis. Namun, orang phlegmatis cenderung kurang mempunyai motivasi atau dorongan semangat yang kuat untuk melakukan sesuatu. Ia harus dimotivasi dulu oleh orang lain.

No comments:

Post a Comment